Selasa, 25 Januari 2011

Membuat Jam Digital dengan VB

·


Membuat jam Digital sangatlah sederhana,. pada peprtemuan kali ini kita akan membahas sedikit langkah dalam pembuat jam digital di visual basik.

Hanya diperlukan sebuah form dan beberapa baris source code yang di gunakan. Desainlah form seperti terlihat pada gambar 1. Kontrol timer dapat diletakkan di mana saja karena tidak akan terlihat pada saat runtime. Kemudian beberapa kontrol yang ada harus diubah nilai propertinya sesuai dengan tabel berikut:


Tambahkan kode program ke dalam form tersebut seperti diberikan pada listing 1. Pada prinsipnya, pada saat form di load, teks pada txtJam harus menunjukkan waktu saat itu yang diberikan oleh objek Time. Kemudian setiap interval yang ditentukan pada kontrol Timer, teks pada txtJam juga diupdate sesuai dengan waktu saat itu.
eksekusi program tersebut



Listing 3. Membuat Jam Digital

Private Sub cmdExit_Click()

End

End Sub

Private Sub Form_Load()

txtJam.Text = Time

End Sub

Private Sub Timer1_Timer()

txtJam.Text = Time

End Sub

saya sengaja tidak menyertakan gambar desain Form dan hasil nya, karena saya berharap anda bisa menemukan caranya sendiri untuk mendesain Form sesuai dengan kemaun anda,.. tapi untuk mempermudah saya sertakan Porperti untuk Form seperti tabel di atas itu..
dan di kasihkan untuk source code yang bisa mengeksekusi program Jam digital tersebut,.. selamat mencoba dan saya harap anda bisa.. saya tunggu hasilnya yah.. goog luck..

0 komentar:

Posting Komentar